Rabu, 17 Oktober 2012

INFORMASI UMUM TENTANG HEDGEHOG / LANDAK SUSU / LANDAK MINI


Landak  ini  adalah salah satu mamalia berduri dari subfamili Erinaceinae . Ada 17 spesies dari lima family landak ini, yang dapat ditemukan di  Eropa , Asia , Afrika , dan Selandia Baru . Jenis landak ini tidak ditemui di Australia , juga di  Amerika Utara ; dan mereka hanya di introduksi  di Selandia Baru.Landak ini ber evolusi selama  15 juta tahun. Seperti banyak mamalia pertama dan mereka telah beradaptasi hidup pada malam hari/ nocturnal. Nama “ hedgehog “ mulai dipakai sekitar tahun 1450.

Deskripsi Fisik

Landak ini mudah dikenali dari duri nya , yang merupakan duri kaku berongga dari keratin . . duri mereka tidak beracun atau berduri tajam dan, tidak seperti duri dari landak lokal / porcupine , juga durinya tidak  mudah lepas dari badannya. Namun, biasanya duri mereka lepas  ketika berganti duri pada landak bayi dan berganti dengan duri dewasa. Proses ini disebut "quilling". Namun ketika stres berat atau selama sakit, landak ini juga bisa kehilangan duri.

Bentuk pertahanan dari semua spesies dari landak ini  adalah kemampuan untuk menggulung menjadi bola , yang menyebabkan semua duri untuk keluar . Namun, efektivitasnya tergantung pada jumlah duri, dan karena sebagian dari landak padang pasir ini berevolusi hingga  berat badannya kurang, hingga mereka jauh lebih baik akan berusaha untuk melarikan diri dari serangan musuhnya.landak yang hidup dihutan memiliki predator/musuh yang relatif lebih sedikit, terutama burung (terutama burung hantu ) dan musang , untuk spesies yang berukuran lebih kecil seperti long eared hedgehog  yang dimangsa oleh rubah , serigala dan mongooses .
Landak ini lebih aktif terutama pada malam hari/nocturnal. landak ini lebih banyak tidur di siang hari baik di bawah semak, rumput, batu atau dalam sebuah lubang di tanah. Memang beberapa spesies memiliki kebiasaan yang sedikit berbeda, tetapi pada  umumnya menggali sarang untuk berlindung. Semua landak liar bisa hibernate , walaupun tidak semua landak ini lakukannya ; hibernasi tergantung pada suhu, jenis, dan kelimpahan makanan.
Bagian belakang landak ini  terdiri dari dua otot besar, yang mengontrol posisi bulu-bulu nya. . Ada sekitar 5.000 untuk 6.500 duri rata-rata pada landak ini, dimana bagian luarnya kuat dan tahan lama, karena bagian dalamnya diisi dengan kantong-kantong udara .  landak menggunakan bulu-bulunya untuk melindungi diri dari predator, menggunakan otot-otot yang menarik kulit duri mereka untuk menutupi seluruh tubuh mereka, dan menarik di bagian-bagian tubuh mereka yang tidak ditutupi duri , seperti kepala mereka, kaki, dan perut. ini merupakan pola pertahanan adalah landak paling ampuh, sebagai pilihan terakhir mereka.
Landak memiliki banyak mekanisme pertahanan alternatif.seringnya landak ini  akan melarikan diri dalam menghadapi ancaman, atau menggulung menjadi sebuah bola. Semua landak ini memiliki stamina untuk berlari hingga  4,5 mil per jam bahkan lebih ,  dan sangat mahir untuk memanjat dinding curam, pohon,pagar bahkan berenang.  Landak ini berkomunikasi melalui kombinasi dengusan,  dan / atau jeritan
 Serupa dengan oposum , tikus , dan moles , landak memiliki kekebalan alami terhadap bisa ular karena's memiliki protein erinacin protein dalam sistem otot hewan. 
Dalam penangkaran, landak cenderung untuk bergaul dengan anjing, kucing dan hewan peliharaan lainnyaNamun, perawatan dengan perlindungan juga  harus dilakukan untuk melindungi landak dari hewan peliharaan lainnya  terutama yang besar, agresif, atau nakal.


Makanan


Meskipun dahulu diklasifikasikan memakan  Insectivora , tapi sekarang  hampir omnivora. Landak ini memakan serangga , siput , katak dan kodok , ular , telur burung , bangkai , jamur , rumput akar , buah , melon , dan semangka . Bahkan, buah merupakan bagian utama dari diet Afghanistan Hedgehog pada awal musim semi setelah hibernasi. landak ini kadang-kadang juga terlihat setelah hujan badai mencari  cacing tanah . Although forest hedgehogs , most well-known to Europeans, are indeed mainly insectivores, this is not necessarily true for other species. Meskipun landak hutan yang paling terkenal  Eropa, memang memang memakan serangga, tapi hal ini tidak melulu  untuk spesies lainnya.
 Di daerah yang memiliki landak ini di alam liar, mereka sering merupakan bentuk alami dari  pengendalian hama . Banyak orang menaruh makanan untuk menarik landak-landak ini keluar dan mereka memberikan makanan  kucing atau makanan anjing kalengan (dengan preferensi untuk rasa ayam, dan tidak suka rasa ikan), cincangan  kacang , dan kismis . makanan untuk peliharaan / pet food landak ini  lebih baik mengandung juga unsur susu, namun biasanya  sering terlalu tinggi lemak dan terlalu rendah protein . Landak menyukai air dan  bisa berenang meskipun akhirnya  lelah dan tenggelam.


Reproduksi dan umur


 Tergantung pada spesies, periode kehamilan antara  35-58 hari. Dengan rata-rata menghasilkan 3-4 anakan  untuk spesies yang lebih besar dan 5-6 anakan  untuk yang lebih kecil. Seperti kebanyakan  binatang, tidak biasanya  landak jantan dewasa  untuk membunuh anakan jantan yang baru lahir.
 Ada dilema landak saat kawin / mating dari landak jantan yang terluka di tulang belakang saat kawin dengan landak betina. Namun, ini bukan masalah bagi landak jantan, karena  penis nya  sangat dekat dengan  pusat  perut nya  (bahkan sering keliru dengan  pusar nya ) dan betina dapat mengangkat ekornya hingga  menjorokkan  vulvanya . Dengan demikian, landak jantan laki-laki tidak  sepenuhnya berada di atas landak betina  ketika kawin.
Landak ini  memiliki umur yang relatif panjang. spesies yang lebih besar dari landak ini hidup 4-7 tahun di alam liar (beberapa catatan menyatakan dpt hidup  hingga 16 tahun), dan spesies yang lebih kecil bisa hidup 2-4 tahun (4-7 tahun di penangkaran ), dibandingkan dengan tikus yg hidup hanya  2 tahun dan tikus besar / rat yg hidup hingga 3-5 tahun. Kurangnya predator dan  terkontrolnya  berkontribusi pada masa hidup lebih lama di penangkaran (bisa hingga 8-10 tahun tergantung pada ukuran).
Landak ini dilahirkan buta.  landak-landak  yang dilahirkan ini memiliki  selaput pelindung yang menutupi bulu-bulu mereka, yang mengering dan menyusut selama beberapa jam berikutnya.Anakan  dilahirkan dengan bulu di bawah kulit, seperti jerawat, dan keluar dari  kulit setelah mereka  dibersihkan.


Predator

 tulang landak ini  ditemukan di kotoran burung  Eruopean Eagle Owl

landak peliharaan


Spesies dari landak ini sebagai hewan peliharaan adalah hibrida dari white-bellied hedgehog atau four-toed Hedgehog (Atelerix albiventris) dan north african  Hedgehog (A. algirus). It is smaller than the European Hedgehog , and thus is sometimes called the African Pygmy Hedgehog. Landak diatas ukurannya lebih kecil dari european hedgehog , hingga kadang disebut African Pygmy Hedgehog. spesies lainnya yang biasa juga menjadi  hewan peliharaan adalah long-eared Hedgehog Long (Hemiechinus auritus) dan indian Long-eared hedgehog (H. collaris).
 mereka suka iklim yang hangat (di atas 72 ° F/22 ° C tetapi di bawah 85 ° F/29.5 ° C) hingga  tidak alami hibernate . Mereka makan serangga. Umumnya,pakannya  adalah  makanan kucing dan makanan musang dan dilengkapi juga /suplement dengan  serangga dan binatang kecil lainnya. Sekarang, toko hewan peliharaan banyak menjual makanan  landak yang secara khusus diformulasikan untuk landak. Jangkrik, mealworm, dan pinkies  (tikus bayi) juga merupakan makanan favorit mereka. Adalah ilegal untuk memiliki landak sebagai hewan peliharaan di beberapa negara bagian Amerika Serikat dan beberapa kota di Kanada, hingga memerluka  lisensi pemuliaan/breeding licenses . Tapi tidak ada pembatasan seperti di atas di sebagian besar negara-negara Eropa, kecuali Skandinavia .
 Pembelian landak hedgehog untuk peliharaan, mengalami  peningkatan yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir, karena penampilan mereka yang lucu. Landak ini dianggap sebagai hewan peliharaan yang mudah perawatannya. rasa ingin tahu mereka membuat mereka cepat jinak dengan pemiliknya, serta cara makan mereka dan kebiasaan membuang kotoran  membuat kandang mereka  relatif bersih. Secara keseluruhan mereka juga sedikit tidak  rentan  terhadap  penyakit  (meskipun beberapa memang ada juga yang rentan ) dan mudah perawatannya.


Pengendalian hama

 

 Landak bisa menjadi salah satu bentuk  pengendalian hama . Seekor landak  dapat menjaga taman  dengan memakan hama sampai 200 gram serangga setiap malam. Hal ini umum di dilakukan di  Inggris dengan  mencoba memikat landak di  kebun mereka dengan membiarkan landak membuat lubang  di pagar kebun mereka.
Salah satu masalah menggunakan landak untuk pengendalian hama taman adalah penggunaan insektisida kimia. Hal ini menyebabkan banyak kematian pada landak yang  makan serangga yang terkontaminasi insektisida.
Di daerah di mana landak telah di introduksi, seperti Selandia Baru dan pulau-pulau di Skotlandia , para landak itu sendiri telah menjadi hama. Di Selandia Baru landak ini  menyebabkan kerusakan besar untuk spesies asli termasuk serangga , siput , kadal dan-burung yang bersarang di darat, khususnya burung pantai., karena landak ini tidak memiliki predator alami. Dengan kelebihan populasi, awalnya hanya untuk membunuh serangga, jadi  meluas memakan  siput, cacing, dan telur burung rawa.
Mengoreksi kelebihan populasi landak ini menimbulkan dilema  tersendiri. Upaya untuk menghilangkan landak dari koloni burung di pulau Skotlandia Uist Utara dan Benbecula di Hebrides Luar disambut dengan kemarahan internasional. Pemberantasan dimulai pada tahuan 2003 dengan membunuh 690 landak. kelompok perlindungan  hewan berusaha menyelamatkan  landak-landak tersebut. Pada tahun 2007, undang-undang terhadap pembunuhan landak diberlakukan .Pada tahun 2008, proses eliminasi diubah dari membunuh landak menjadi  menangkap mereka dan melepaskan di daratan.


-----bersambung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar